Selasa, September 28, 2010

Home Theatre Di Laptop

Kompetisi yang semakin keras di pasar notebook, rupanya memaksa para vendor mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan daya tarik produknya. Hewlett Packard (HP), salah satu pemain utama komputer jinjing global, misalnya.

Pada produk terbarunya, Envy, HP seperti all out dalam memoles komputer jinjing yang bekerja dengan prosesor Intel terkini, i5 dan i7. Envy hadir dalam dua varian, yakni berdiameter 14 inci dan 17 inci. Lapitop ini masuk kategori premium.
Varian terbaru HP, merupakan pengembangan dari produk sebelumnya. Akhir tahun 2009, HP merilis dua varian Envy, yakni berdiameter 13 inci dan 15 inci. Envy 13 bekerja dengan prosesor dual 2 core, sementara Envy 15 bekerja dengan prosesor i7. Selain ringan, dua laptop ini cukup 'seksi', karena tebalnya tak sampai 2 Cm.

Kinerja yang mumpuni, rupanya dinilai belum cukup. Mengikuti irama 'ponsel' yang terus melakukan penyempurnaan pada fitur multimedia, HPpun membenamkan aneka fitur multimedia. Harapannya, Envy mampu menempatkan diri sebagai komputer jinjing yang setara dengan home theatre untuk urusan multimedia.

Wajar bila Beats dibenamkan untuk mendongkrak performa audioya. Teknologi yang dikembangkan oleh HP dan Dr Dre ini, oleh kalangan pengamat dinilai sebagai suatu teknologi audio terkini yang mampu menghadirkan suara yang optimal, baik ketika dinikmati melalui headphone maupun spiker eksternal. Sekadar mengingatkan Dr Dre adalah rapper asal Amerika Serikat.

Pada Envy 17 inci, HP melengkapinya dengan sebuah subwoofer Triple Bass Reflex. Subwoofer inilah yang digadang-gadang HP mampu mendeliver audio sekelas audio di gedung bioskop.

Selanjutnya, sentuhan juga dilakukan HP pada aspek visual, dengan menghadirkan teknologi tiga dimensi. Versi 17 inci memiliki HD 3D Ultra BrightView Infinity LED Display, plus 3D Active Shutter Glasses.

Ia diklaim menawarkan pengalaman visual stereoscopic 3D terbaik tanpa mengorbankan konten 2D, HP HD 3D Ultra BrightView Infinity LED Display. Laptop ini juga mendukung konten tiga dimensi yang berasal dari Blu ray. Sekaligus pengalaman menyaksikan konten secara jelas dengan melakukan sinkronisasi secara nirkabel setiap frame konten 3D antara layar dan glas.

Untuk meyakinkan konsumennya, menyertakan konten yang memungkinkan penggunanya menikmati sajian 3D secara instan. Antara lain movie trailer dari film Megamind produksi DreamWorks Animation yang akan tayang di bioskop dalam waktu dekat ini.

Soal lain yang mendapat perhatian HP adalah wallpaper. Untuk wallpaper, HP melibatkan sejumlah seniman kelas dunia seperti Julie West, Laura Barnard, Amy Ruppel dan Alex Eben Meyer, untuk merancang wallpaper di Envy.


HP, rupanya ingin penggunanya mendapatkan kepuasan baru ketika melihat tampilan konten (See), mendengarkan audionya (Hear), bersentuhan dengan material dan teknologi yang memperkuatnya (Touch) dan serta pengalaman berkomputasi yang inspiratif dan bercita-rasa (Taste).

Berminat, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam. Karena harganya 2000-an dolar AS
Selengkapnya...

Senin, September 27, 2010

Bikin Baju Praktis, Hanya dengan Sekali Semprot

LONDON--Beberapa tahun mendatang, menjahit pakaian kemungkinan akan menjadi masa lalu. Salah satu desainer dan profesor teknologi partikel di Inggris meluncurkan koleksi unik mereka dengan teknik semprotan pada kain, atau mereka mengistilahkannya sebagai spray on fashion.

Duo desainer dan ilmuwan, Manel Torres dan Paul Luckham, menemukan teknik baru mencipta baju. Bukan dengan menyatukan dua kain menggunakan benang, namun menyemprotkan caoiran tertentu ke atas sambungan dua kain. Tak hanya itu, teknik ini juga dimungkinkan untuk pembuatan baju secara instan, yaitu dengan menyemprotkannya langsung pada badan.
Torres, yang kerap mengunjungi Imperial College London mendekati Luckham, seorang profesor teknologi partikel di lembaga itu, untuk membantu dia mewujudkan impiannya; baju spray on yang bukan sekali pakai, namun dapat dilepas, dicuci, dan dipakai lagi.

"Couture hari ini hampir mati," kata Torres. "Saya pikir di sini kita memiliki cara yang baik untuk menciptakan pakaian instan - yang tidak terlalu mahal."

Torres menunjukkan proses di laboratorium di Imperial College, yaitu membuat T-shirt untuk seorang model dalam hitungan menit. Pengalaman model yang tak disebutkan namanya itu digambarkan sebagai "bagus, tampak seperti sebenarnya." "Ini seperti kulit kedua," katanya.

Sistem ini menggunakan serat pendek, seperti wol, kain atau akrilik, dicampur dengan polimer untuk mengikat mereka bersama-sama. Sebuah pelarut yang menguap pada kontak dengan permukaan memungkinkan serat untuk disembur keluar sebagai cairan.

semprotan ini dapat diterapkan menggunakan aerosol atau pistol semprot tekanan tinggi dan tekstur dapat bervariasi dengan mengubah serat dan jumlah lapisan spray. Seluruh proses juga memungkinkan material untuk didaur ulang.

"Keindahan tentang materi ini adalah bahwa ... aku akan mengoyaknya menjadi bagian dan aku akan larutkan lagi dengan pelarut yang sama dan aku akan pemprotkan sebagian di sebuah fashion show di Roma dalam waktu dua hari," kata Torres.

Teknik ini, katanya, tak hanya bisa diaplikasikan di dunia fashion, tapi juga medis dan lainnya. Misalnya saja, digunakan untuk memperban pasien dengan cepat, sebagai lap kebersihan, penyegar udara, hingga pelapis furnitur atau mobil.

"Keuntungan dengan sistem aerosol adalah materi lain tidak ada yang bisa masuk, jadi tidak ada kuman bisa mengkontaminasinya," katanya
Selengkapnya...

Minggu, September 26, 2010

Larangan Merokok bagi Dokter

MANILA--Para dokter di Filipina didesak untuk tidak merokok agar bisa memberi contoh yang lebih baik kepada pasien mereka. Perhimpunan Dokter Filipina melarang dokter merokok, dengan mengatakan, dokter seharusnya berperan sebagai tokoh panutan dalam masalah kesehatan.

Ketua Perhimpunan Dokter Filipina, Oscar Tinio, mengeluarkan sebuah pernyataan hari Sabtu (25/9), yang mengatakan bahwa larangan itu juga akan memastikan bahwa orang lain tidak menjadi korban (sebagai perokok pasif) akibat mengisap asap rokok dari para dokter yang merokok.
Ditanya apa yang terjadi bila dokter kepergok merokok, Tinio kepada kantor berita Prancis mengatakan, perhimpunannya akan mengambil tindakan (pendisiplinan) yang akan diputuskan kemudian. Masyarakat umum juga diimbau untuk melaporkan kepada Perhimpunan Dokter itu jika mereka memergoki dokter Filipina sedang merokok.

Menurut data pemerintah, saat ini sekitar 17,3 juta warga Filipina adalah perokok, atau meliputi sekitar 28 persen dari jumlah warga yang berusia 15 tahun ke atas. Presiden Filipina, Benigno Aquino juga mengakui bahwa ia adalah seorang perokok. Benigno mengatakan bahwa ia merokok untuk mengurangi stress akibat beban pekerjaannya.
Selengkapnya...

Robot Penolong Pikun


Pikun, siapa yang ingin? Syukurlah, baru-baru ini ilmuwan Jepang telah mengembangkan sebuah robot yang dapat membantu orang dengan demensia ringan dengan memberikan pengingat verbal tentang hal-hal seperti janji dan minum obat.

Robot ini dikembangkan oleh Pusat Rehabilitasi Nasional untuk Penyandang Cacat, University of Tokyo dan the National Institute of Advanced Industrial Science and Technology. Mereka menyebut, pengembangan robot ini siap untuk digunakan dalam lima tahun
Mesin didasarkan pada robot berbentuk silinder sekitar 40 cm tinggi dan berat lima kilogram yang diproduksi oleh NEC Corp. Pembuatannya mengadaptasi robot untuk melayani pasien demensia dengan menginstal sebuah program percakapan baru.

Robot dapat mengenali wajah tuannya dan suara, dan berbicara sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Robot ini akan mampu mengingatkan dengan ucapan yang sederhana, seperti, "Hari ini Anda harus pergi ke pusat layanan, bukan?" atau "Orang yang akan menjemput Anda segera datang. Segeralah ke kamar mandi."

Jika robot mendengar bel pintu, ia mampu untuk memperingatkan tuannya. Jika tidak ada tanggapan, robot mengulangi kalimat dan mencoba untuk mendapatkan perhatian tuannya dengan mengatakan, "Apakah kau mengerti?"

Tim meminta lima perempuan tinggal di sebuah panti jompo untuk menggunakan robot untuk percobaan lima hari. Mereka merespons dengan baik kpada perangkat itu, menurut pengembang
Selengkapnya...