Rabu, April 14, 2010

Faktor Memilih Perguruan Tinggi

Dalam memilih sebuah Perguruan Tinggi Idaman pastinya anda akan mempertimbangkan banyak faktor untuk memilih.
Lantas faktor apakah itu?
Ketahuilah bahwa dalam memilih pergruan tinggi faktor utamanya adalah akademik di PT itu.
Tetapi pada era sekarang ini banyak faktor X yang mulai mempengaruhi..
Si 'X' ini ada kalanya akan membawa hal baik tapi banyak juga hal buruknya...
Sungguh disayangkan...
Apalagi sekarang jamannya 'UANG'..
Ada uang apapun bisa... ( peribahasa baru ni )
Lalu apa saja faktor X itu?

Seperti yang saya jabarkan tadi bahwa faktor X itu ada kalanya membawa kebaikan dan tak jarang juga membawa keburukan..
Nah, mari kita perjelas..
Faktor X pembawa kebaikan :
1. Prospek Kerja
Nah, ini yang agak penting... biasanya orang-orang pada bilang kalau mau dapet kerja gampang sekolah aja di PTN yang favorit..
tetapi anggapan itu ada kalanya salah juga meskipun banyak benarnya..
Sebenarnya yang paling penting itu adalah usaha individu untuk meraih kesuksesan..
ingat 99% adalah usaha kita dan 1% adalah bantuan Tuhan YME
2. Pergaulan
Ini nih yang penting juga... Pergaulan yang baik akan menciptakan SDM yang baik pula...
Nah, ati-ati ya dalam memilih teman...
Jangan sampai diamakan oleh teman sendiri..
3. Passing Grade
Ya, ya, ya memang ini faktor yang penting juga... gimana bisa masuk PTN yang kita mau kalau PG kita tidak memenuhi..
Belajar yang rajin ya...
Passing Grade adalah jumlah soal benar yang kita kerjakan dibanding dengan jumlah semua soal..

Nah itu tadi beberapa yang baik
Nih beberapa yang buruk
Faktor 'X' yang Buruk :
1. Ikut-ikutan temen ( Gengsi )
ini nih... teman-teman ane kalu ane survey ada yang jawabannya gini "aku milih PTN itu karena temenku masuk situ, jadi aku gak mau kalah gengsi.. ntar aku malu"
sayang sekali ya teman.. gengsi jadi alasan milih PTN.
padahal yang penting itu sesuai bakat
2. Masalah biaya
Ini memperihatinkan juga sebenarnya.. bagi mereka yang kurang mampu bisa-bisa minder dengan Perguruan Favorit di Indonesia..
Alasannya simpel karena biaya sekolah yang menggila... jangankan mereka yang tidak mampu.. menteri keuangan kiata saja kaget melihat biaya PTN di Indonesia...
Sungguh disayangkan faktor yang ini...
3. Ekonomi Kaya
Mereka ini yang duduk di Ekonomi Kaya kebanyakan menggunakan senjata mereka 'UANG'.
Emang ampuh ni teman..
Uang bicara Semua jawab IYA..
kasian moral bangsa kita..
diperbudak uang..

yah itulah seklumit faktor-faktor yang mempengaruhi memilih Perguruan Terbaik...
Yang punya masukan silakan commentnya ya..
Ane tunggu ini ya..



artikel dalam rangka
Lomba Blog Universitas Islam Indonesia

4 comment:

gambutku mengatakan...

kalau sya milih yg keliatannya saingannya kurang dan kebetulan bidang itu yg saya minati.:D

atqon mengatakan...

biasanya sih gitu...
tapi sekarang uda jarang..
rata-rata saingannya ketat-ketat..

GADO GADO mengatakan...

andai kuliah gratis? Wohoho..

Team Ronggolawe mengatakan...

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

Posting Komentar